Psikologi Trading - Menguasai Emosi Anda


Di pasar keuangan yang didominasi oleh tunggangan data yang besar, program analitis yang canggih dan strategi kuantitatif, kekhawatiran tentang aspek psikologis dari trading mungkin tampak aneh. Namun, dalam kenyataannya pemahaman tentang psikologi trading tidak pernah lebih penting. Justru ketika kita lupa untuk mempertanyakan motivasi dan keadaan emosional kita bahwa kita menjadi rentan terhadap pengambilan keputusan yang buruk.

Sementara digitalisasi trading mungkin telah mengubah banyak aspek profesi, sedikit yang berubah dalam bidang psikologi trading. Pelajaran lama mempelajari cara yang sulit selama puluhan tahun pengalaman masih berlaku hari ini seperti ketika mereka pertama kali belajar trading untuk pemula.

Dalam panduan ini kami akan memeriksa secara singkat empat emosi terkuat dalam psikologi trading, dan kemudian melihat apa yang dapat dilakukan traders untuk menguasai emosi mereka dan memastikan bahwa mereka membuat keputusan yang jelas dan terinformasi setiap waktu.

Bagaimana Ketakutan Hilang (FOMO) Dapat Menghancurkan Penghakiman
Rasa takut yang hilang biasanya terjadi ketika sebuah saham adalah membuat langkah besar dan Anda melewatkannya. Hal ini dapat mengarah pada mengejar entri yang tidak pernah merupakan keputusan trading yang baik karena Anda akan berakhir dengan harga entri yang buruk dan karena Anda terjebak di dalam meskipun kehilangan Anda lupa untuk mengelola trading dan risiko Anda.

Rasa takut hilang didorong oleh keinginan untuk menjadi bagian dari hal yang baik, bahkan ketika semua tanda menunjukkan bahwa itu bukan investasi yang bijaksana. FOMO sangat merusak karena kita melihat orang lain berhasil, bahkan jika mereka mengambil risiko yang tidak dapat dibenarkan untuk melakukannya, dan kita memiliki dorongan alami untuk bergabung. Semakin banyak orang lain yang sangat sukses, yang biasanya secara langsung berkorelasi dengan jumlah risiko mereka mengambil, semakin kuat dorongan untuk bergabung.

FOMO biasanya lebih sulit bagi traders baru untuk dipahami karena mereka belum pernah dibakar sebanyak seseorang yang telah memperdagangkan pasar untuk sementara waktu. Cara terbaik untuk berurusan dengan FOMO adalah memiliki aturan dan jika Anda melanggar mereka maka Anda perlu memiliki semacam hukuman seperti tidak ada trading untuk sisa hari itu.

Anda tidak dapat membuat keputusan trading berdasarkan emosi, tidak peduli berapa banyak uang yang Anda lihat dari traders lain yang membuat gila. Akan selalu ada peluang lain sehingga tetap berpegang pada aturan Anda!

Tidak takut!
Ketakutan adalah rasa kepanikan yang tidak adil yang terjadi ketika pelaku pasar secara keseluruhan mengambil pandangan yang umumnya pesimis terhadap masa depan keuangan, ekonomi dan politik. Di bawah iklim ketakutan, traders fokus dan memperkuat berita buruk, dan cepat menutup posisi buy atau membuka posisi pendek baru.

Iklim ketakutan di pasar menguatkan diri: semakin banyak orang menjadi takut dan menjual, semakin besar rasa takut secara keseluruhan. Di bawah iklim ketakutan, sangat sulit bagi investor perorangan untuk membuat keputusan investasi yang rasional berdasarkan ekspektasi yang wajar dari perilaku pasar secara keseluruhan.

Ketakutan sering terjadi di traders karena kami tidak tahu apa yang akan terjadi setelah kami memasuki trading. Kami memiliki gagasan tentang apa yang akan terjadi tetapi kami tidak tahu ini dengan kepastian 100% dan ketika Anda memiliki banyak uang di telepon dan tidak tahu apa yang akan terjadi, itu dapat menyebabkan ketakutan dan kecemasan.

Cara yang baik untuk mengimbangi ketakutan adalah dengan berdagang sesuai kemampuan Anda dan menetapkan jumlah kerugian yang dapat diterima. Dengan cara ini Anda tahu, bahkan sebelum Anda memasuki trading, bahwa Anda hanya mengambil risiko dalam jumlah tertentu. Ini mengambil beberapa ketidakpastian dari proses trading karena sekarang kita tahu apa yang ada di telepon. Setiap kali saya memasuki trading, saya mengatakan pada diri sendiri bahwa saya dapat kehilangan uang dan itu tidak masalah, hanya saja tidak kehilangan lebih dari jumlah yang telah saya tetapkan!

Cara lain yang ditakuti rasa takut adalah ketika kita berdagang dengan terlalu banyak ukuran yang membuat kita tidak nyaman dan takut kehilangan terlalu banyak uang atau bahkan lebih buruk, meledakkan akun kita. Itu sebabnya ukuran sangat penting. Mulailah dari yang kecil dan secara bertahap tingkatkan diri Anda ke ukuran yang lebih besar. Hanya karena Anda memiliki bulan yang solid, bukan berarti Anda harus beralih dari trading 500 saham menjadi 5.000 saham.

Keserakahan Itu Baik… Atau Itu?
Keserakahan adalah sisi lain dari koin yang ditakuti. Keserakahan juga mirip dengan rasa takut hilang, tetapi lebih terfokus pada pandangan yang lebih luas daripada beberapa segmen pasar yang lebih kecil.

Di bawah keserakahan, ekonomi, politik dan berita keuangan dipandang sangat optimis, dan berita buruk diabaikan karena diabaikan sebagai hal yang tidak penting. Keserakahan menciptakan siklus penguatan diri dari kenaikan harga aset dan pandangan positif. Traders menjadi terbiasa dengan kenaikan harga aset, sehingga mereka mulai mengabaikan tanda-tanda risiko atau hasil negatif yang jelas.
Mencoba memeras setiap sen dari sebuah langkah adalah cara yang pasti untuk merelakan keuntungan dan bahkan kehilangan uang. Cara terbaik untuk menangani keserakahan adalah seperti bagaimana Anda akan menangani rasa takut. Tentukan target laba yang telah ditentukan dan ketika mereka memukul, uang tunai! Itu bukan ilmu roket, Anda hanya harus cukup disiplin untuk mengikuti aturan Anda!

Berharap
Harapan dalam psikologi trading sukses adalah harapan yang tidak realistis akan sesuatu yang baik terjadi. Traders dapat berharap pada puncak kenaikan atau kehilangan terendah, tetapi dalam semua kasus keinginan mereka untuk sesuatu terjadi mengalahkan kemampuan mereka untuk meramalkan secara rasional hasil.

Harapan adalah emosi manusia yang sangat alamiah, terutama dalam hal-hal yang melibatkan peluang, risiko, dan peluang. Keinginan semata untuk mau percaya pada sesuatu sering cukup untuk mengaburkan penilaian kita dan menuntun kita untuk membuat keputusan yang buruk berdasarkan harapan bahwa segala sesuatunya akan berbalik arah.

Cara Menguasai Emosi Anda
Sambil menguasai emosi Anda dalam berdagang adalah pertempuran tanpa akhir, kerangka dasar untuk mengatasi masalah sebenarnya cukup sederhana. Emosi Anda menjadi liar ketika mereka diberi ruang untuk mendominasi pemikiran Anda, itulah sebabnya mengapa traders profesional selalu menggunakan sistem trading yang ketat yang membantu untuk mengontekstualisasikan keputusan mereka dan menjaga emosi mereka tetap terkendali.

Traders dapat mengandalkan strategi trading yang dicoba dan diuji untuk membantu mereka mengukur dan mengendalikan keadaan emosi mereka. Sistem trading yang teratur menawarkan sauh alasan yang terbukti dapat diandalkan oleh para traders ketika mencoba menginterpretasikan informasi pasar dan emosi mereka sendiri.

Setiap strategi trading yang efektif terdiri dari berbagai aturan yang membantu membingkai semua keputusan investasi.

Aturan untuk Mengidentifikasi Trading
Aturan untuk mengidentifikasi trading berguna untuk menjaga traders tetap di jalur dan fokus pada bidang-bidang di mana pengetahuan dan pengalaman mereka memberi mereka keuntungan. Aturan-aturan ini sangat berguna ketika datang untuk mengendalikan keserakahan dan takut kehilangan, karena menjaga traders di area aman yang mereka pahami bukannya mengejar keuntungan dalam kelas aset yang asing bagi mereka.

Aneh untuk dikatakan, tetapi Anda harus seperti robot saat berdagang. Anda harus sistematis dan bergantung pada proses trading Anda dan aturan untuk menjadi pedoman Anda untuk sukses.

Aturan untuk Pelaksana Trading
Pembukaan dan penutupan posisi yang sebenarnya selalu merupakan aspek yang paling sulit dan menegangkan dari trading. Bahkan trading yang paling banyak diteliti dapat berjalan buruk jika traders terlalu emosional ketika mengeksekusi trading. Memiliki seperangkat aturan ketat untuk bagaimana dan kapan melakukan trading sangat penting untuk memaksimalkan keuntungan dari ide-ide bagus dan meminimalkan kerugian dari trading yang salah. Penggunaan ekstensif pesanan canggih, seperti pengambil keuntungan dan stop order, merupakan elemen penting dari sistem eksekusi trading yang kuat.

Ketika saya pertama kali mulai berdagang, jika saya melanggar salah satu aturan saya, saya harus berhenti berdagang untuk hari itu dan membuat saya meninjau ulang proses trading saya. Akhirnya saya melanggar peraturan saya lebih sedikit dan trading saya membaik. Sekarang setiap sesekali saya akan melanggar aturan tetapi saya memiliki pengalaman dan pengetahuan untuk memperbaikinya dan kembali ke jalurnya.

Aturan Setelah Anda Berdagang
Baik Anda baru saja memenuhi target laba mingguan dalam satu trading atau menghapus pekerjaan dua hari, selalu bijaksana untuk memiliki sistem pendinginan setelah satu trading sebelum melanjutkan ke yang berikutnya. Setiap trading akan mewarnai keadaan emosional Anda, jadi para traders terbaik tahu bagaimana membersihkan diri dari emosi yang tersisa dari trading terakhir sebelum pindah ke yang berikutnya.

Kuasai Emosi Anda atau Mereka Akan Menguasai Anda
Sementara banyak traders mungkin terampil secara teknis, para traders terbesar adalah tuan dari disiplin pribadi pertama dan trading pengetahuan kedua. Pengetahuan tentang perangkap umum dalam psikologi trading dan seperangkat aturan yang ketat untuk trading sama-sama penting untuk mencapai kesuksesan yang langgeng dalam trading. Dengan ini di tempat, itu hanya masalah menempatkan dalam waktu dan usaha untuk menjadi tuan dari emosi Anda dan seorang ahli trading.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jasa Arsitek Memberikan Desain Dengan Fasilitas Untuk Kreasi Menakjubkan Pada Rumah

Film Action Terhebat dan Terbaik

Kekuatan media berat yg tidak di ragukan lagi